11 Jan 2014

Cinta Itu Anugerah Namun Mengapa Ada Cinta Buta

Assalamu'alaikum Warrohmatullahi Wabarokatuh
Segala puji hanya bagi Allah yg telah menganugerahkan cinta pada setiap hamba-Nya. Shalawat dan salam selalu kita haturkan untuk Nabi kita Muhammad SAW. Dialah tauladan sempurna bagi seluruh umat pengikutnya.
Cinta, ya cinta kalimat ini sangat indah di dengar, namanya terukir dalam tulisan yang indah yang terangkai dalam sebuah makna. Setiap manusia pasti mengenal kata cinta, dia mempunyai berjuta arti dan makna. Apalagi kaum para remaja, mereka di masa pubernya pasti menikmati dan mengagungkan pasangannya dengan kalimat yg indah tentang cinta.
Dan cinta itu anugerah namun mengapa ada cinta buta. Padahal hakekatnya cinta itu membawa pada kebaikan dan kedamaian. Ya kita sering melihat dan mendengar ada orang bisa mengorbankan apa saja demi cintanya. Bahkan atas nama cinta orang bisa terjerumus dalam perbuatan dosa. Bahkan ada juga cinta yang membutakan hatinya, hingga membuatnya putus asa, sampai ada yg bunuh diri karena cinta.
Di sinilah pentingnya manusia menemukan makna cinta yg sebenarnya, agar dengan cintanya dia dapat merasakan keindahan, kebaikan dan kedamaian dalam cintanya. Karena cinta adalah anugerah yg terindah yang Allah berikan pada setiap hamba-Nya. Karena Allah sangat mencintai setiap hamba-Nya tanpa terkecuali, baik yg muslim ataupun non muslim. Allah tidak membeda-bedakan cinta- Nya karena semua hamba-Nya mendapatkan Cinta-Nya.
Ya dengan segala karunia dan anugerah-Nya. Dengan segala nikmat yg telah ia berikan, nikmat rezeki, nikmat umur, nikmat kesehatan, nikmat keluarga, nikmat iman dan sebagainya. Dan kita hamba-Nya tidak dapat menghitung segala nikmat yg sudah Allah berikan kepada kita.
Cinta bisa juga bermakna yang melayani, yang mengerakkan hatinya ke dalam pikirannya dan tindakannya. Bila cinta bersemayam di hati, maka hati akan melayani cintanya atau melayani untuk sesuatu yang di cintainya. Nah jika manusia dapat menemukan makna cintanya, maka dia akan mengenal yang memberi anugerah cinta kepadanya. Ya Dialah Allah Azza Wa Jalla yg telah memberikan anugerah cinta-Nya kepada kita hamba2-Nya.
Cinta yang bagaimana yang Allah inginkan pada setiap hamba-Nya. Mari kita sama-sama sebagai hamba-Nya menemukan cinta yang di inginkan-Nya. Dengan cara kita lebih mendekatkan diri kepada-Nya, lebih mengenal Tuhan kita, dengan segala kebesaran dan ke- Agungan-Nya dalam nama-Nya yg Mulia (Asma ul Husna) dan dengan segala sifat2-Nya. Insya'Allah dengan kita lebih mengenal dan lebih mendekatkan diri dalam iman dan taqwa atau amalan ibadah kita kepada-Nya, maka kita akan menemukan makna cinta kita yg sebenarnya. Makna cinta pada diri kita dan makna cinta- Nya kepada kita hamba2-Nya.
Sebagai contoh; ketika Kita mengenal si fulan yg banyak di sukai atau di cinta oleh orang di sekelilingnya. Dia selalu membawa kebaikan dan kedamaian untuk orang2 di sekitarnya. Karena alasan ini kita mencoba untuk mengenal lebih dekat kepada si fulan, ingin mengenal sifat2nya dan cara hatinya melayani cintanya, sehingga orang2 di sekelilingnya mencintainya dan merasa damai bila bersamanya.
Itulah cinta, bila cinta mulai menguasai hati, maka hati akan melayani cintanya. Bila cintanya untuk mahluk, maka cintanya akan melayani untuk mahluk yg di cintainya. Bila cintanya utk dunia, maka cintanya akan melayani untuk dunianya dan sebagainya. Jadi cinta yang seperti apa yg paling sempurna untuk cinta kita? Ya cinta kepada Allah dan Rasul-Nya. Inilah cinta sejati yg harus kita kejar dan kita dapati. Agar kita tahu bagaimana seharusnya melayani cinta kita utk mahluk ciptaan-Nya, agar kita tahu bagaimana cara melayani cinta kita utk dunia. Dan yg paling penting agar kita tahu bagaimana cara melayani cinta kita kepada Allah dan Rasul-Nya. Agar jangan ada lagi cinta buta yang akan meyeret kita pada kegelisahan, kebodohan, nafsu dan nikmat dunia
Dan kita tahu cinta itu anugerah namun mengapa ada cinta buta? Ya itu di sebabkan karena cinta yg di selimuti oleh nafsu dan cinta dunia, hingga hatinya di butakan oleh keindahan, kenikmatan dunia dan nafsu serta godaan syetan yang terkutuk. Jadi hakekat cinta buta jawabannya ada di dalam keimanan kita dan ketaatan kita kepada ALLAH SWT.
Karena sesungguhnya Cinta Itu adalah anugerah yang harus selalu Kita Jaga. Dengan cara selalu mendekatkan diri dalam ketaatan kita kepada Allah dan selalu mentauladani akhlak Rasululllah saw.agar cinta yang terpatri dalam hati kita, itu akan mendatangkan kebaikan dan kedamaian untuk sesama dan untuk dunia dan akherat kita. Dan agar cinta yang bersemayam dalam jiwa tidak di butakan oleh nafsu, keindahan atau kenikmatan dunia serta godaan syetan yang menyesatkan.
Dan semoga tema judul ini mengenai cinta itu anugerah namun mengapa ada cinta buta akan menjadi renungan buat kita semua akan hakekat dari makna cinta. Cinta yang akan mendatangkan kebaikan dan kedamaian buat orang2 di sekeliling kita. Dan cinta yang akan menghantarkan pada ketaatan dan keredho'an-Nya (Allah Azza Wa Jalla). Aamiin Ya Robbal'alamin. Wassalam...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar